Thursday 17 December 2015

Analisa Harga Satuan

Analisa Harga Satuan Pekerjaan berfungsi sebagai pedoman awal perhitungan rencana anggaran biaya bangunan yang didalamya terdapat angka serta koefisien yang menunjukan jumlah material, tenaga dan biaya persatuan pekerjaan.


Analisa Harga satuan terdiri dari :
1. Satuan Pekerjaan seperti : m3, m2, kg, dll
2. Koefisien Jumlah material dan koefisien upah per satuan pekerjaan
3. Harga material
4. Harga upah tenaga kerja

Perkiraan perhitungan mengenai penggunaan material dan kebutuhan tenaga dalam proses pekerjaan bangunan memegang peranan cukup penting untuk kontrol kualitas dan kuantitas pekerjaan. sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien namun tetap mengacu pada standar spesifikasi yang telah ditentukan.

Efektif dan Efisiensi dalam artian ini bukan bermaksud untuk mengurangi / menghemat pengeluaran pekerjaan namun dengan cara downspek material atau pun kualitas pelaksanaan pekerjaan.

Bagi orang yang sudah terbiasa dengan pekerjaan monitoring budget, estimasi, ataupun cost contro project tentu sudah terbiasa dalam melakukan perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan dengan menghitung sendiri koefisien material maupun upahnya, sehingga bisa lebih sesuai dengan realitas lapangan karena sesuai dengan pengalaman mereka selama bertahun-tahun, adapun dasar pembuatan koefisien dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :

Melihat Standar Nasional Indonesia ( SNI )
Standar Nasional ( SNI ) ini di keluarkan resmi oleh Badan Standarisasi Nasional secara berkala sehigga SNI tahun terbaru merupakan revisi edisi SNI sebelumya. untuk memudahkan mengetahui edisi yang terbaru, SNI ini diberi nama sesuai tahun terbitnya misal : SNI 1998, SNI 2002 , SNI 2007, dst

Melihat standar perusahaan
pada perusahaan konstruksi/konsultan biasanya menentukan koefisien analisa harga satuan tersendiri sebagai pedoman kerja, koefisien analisa harga satuan perusahaan ini biasanya merupakan rahasia perusahaan.

Pengamatan dan penelitian langsung dilapangan.
Cara ini dilakukan oleh orang yang ahli dan berpengalaman, hasilnya akan mendekati ketepatan karena diambil langsung dari pengalaman kita dilapangan, caranya dengan meneliti kebutuhan bahan, waktu dan tenaga pada suatu pekerjaan yang sedang dilaksanakan.

Melihat standar Harga satuan per wilayah
Harga satuan ini dikeluarkan per wilayah oleh pemerintah / perusahaan, jika kita menggunakan harga satuan ini maka kita tidak memerlukan koefisien analisa harga satuan karena untuk menghitung rencana anggaran biaya kita hanya perlu mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.


Berikut ini bagi anda yang ingin download contoh Analisa harga satuan dalam format excel silahkan klik disini

Semoga bermanfaat

Engineering, Economics & Business
Aam Hermawan

No comments:

Post a Comment

statistics

About Me

My photo
...... Honest-Sincere-Reliable ...... Main key in my life .... keep istiqomah ... Amiiin .....