Tuesday 9 February 2016

Administrasi Umum Kontrak - Pemeliharaan dan Kerusakan-kerusakan

Masa Pemeliharaan berarti jumlah waktu untuk pemeliharaan yang disebutkan dalam kontrak, dihitung dari tanggal diterbitkannya Sertifikat Penyelesaian Pekerjaan Pertama.

Selama Masa Pemeliharaan ini Pemborong harus melaksanakan perbaikan-perbaikan, perubahan-perubahan, rekonstruksi, pembetulan-pembetulan terhadap segala kesalahan-kesalahan dan penyimpangan selama pelaksanaan sesuai dengan permintaan Manajemen Konstruksi pada masa pemeliharaan atau 14 (empat belas) hari setelah selesainya Masa Pemeliharaan (sehubungan dengan pemeriksaan yang diadakan oleh Manajemen Konstruksi). 

Pemborong tetap bertanggung jawab untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan atas kerusakan yang terjadi selama masa pemeliharaan. 

Pada waktu selesainya Masa Pemeliharaan, pekerjaan harus diserahkan kepada Pemberi Tugas dalam keadaan baik dan benar dan sesuai dengan penilaian Manajemen Konstruksi. 

Semua perbaikan-perbaikan tersebut dilaksanakan oleh Pemborong atas biayanya sendiri, dan apabila Manajemen Konstruksi menganggap bahwa kerusakan-kerusakan tersebut diakibatkan oleh karena pemakaian material ataupun pekerjaan yang diakibatkan oleh kelalaian Pemborong dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya sesuai dengan Kontrak. Apabila kerusakan-kerusakan tersebut disebabkan oleh hal-hal lain yang bukan merupakan tanggung jawab Pemborong, maka biaya perbaikan tersebut akan dibayarkan sebagai pekerjaan tambah.

Apabila Pemborong gagal di dalam melaksanakan perbaikan-perbaikan seperti tersebut diatas, maka Manajemen Konstruksi berhak untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan tersebut dengan orang-orangnya sendiri atau Pemborong lain atas biaya Pemborong atau dengan cara memotong pembayaran yang menjadi hak Pemborong.

Pemborong apabila diminta Manajemen Konstruksi secara tertulis, harus mengadakan penyelidikan-penyelidikan tentang terjadinya kerusakan-kerusakan. Biaya untuk penyelidikan menjadi beban Pemberi Tugas, kecuali apabila kerusakan-kerusakan tersebut adalah ternyata diakibatkan oleh kelalaian Pemborong.

Semoga Bermanfaat

Engineering, Economics & Business
Aam Hermawan

No comments:

Post a Comment

statistics

About Me

My photo
...... Honest-Sincere-Reliable ...... Main key in my life .... keep istiqomah ... Amiiin .....